agro-wisata

 

pertanian-di-Indonesia

Salah satu strategi untuk mendongkrak nilai jual produk-produk pertanian dapat dengan cara menjadikan produk-produk pertanian menjadi bagian dari wisata pertanian atau agrowisata.

Melalui pengembangan wisata pertanian ini, juga akan banyak sekali tenaga kerja di desa dan kota dapat diberdayakan (pengembangan ekonomi kreatif), menumbuhkan kecintaan generasi muda perkotaan ke dunia pertanian, citra pertanian semakin menguat, dan pada gilirannya dikotomi antar kota-desa akan semakin tereliminasi.

Diharapkan pemerintah pusat, pemerintah provinsi terlebih pemerintah kabupaten/kota sesegera mungkin mencermati kondisi ini. Serta hilangkan ego sektoral antar Kementerian/Badan/Dinas yang terkait di dalamnya. Kenapa ? karena ini merupakan syarat mutlak keberhasilan program wisata pertanian…

Indonesia sebagai Negara agraris memiliki kekayaan alam terutama sumberdaya hayati tropis yang sangat beragam, yang jika dikelola dengan tepat, kekayaan tersebut akan mampu diandalkan tidak hanya sebagai kekuatan perekonomian nasional secara makro, tetapi juga mempunyai daya tarik kuat sebagai sumber pertumbuhan baru sektor pariwisata di Indonesia.

Pada dekade terakhir, kecenderungan pemenuhan kebutuhan dalam bentuk menikmati obyek-obyek spesifik seperti udara yang segar, pemandangan yang indah, budidaya dan pengolahan produk secara tradisional, maupun produk-produk pertanian modern dan spesifik menunjukkan peningkatan yang pesat. Kecenderungan ini merupakan signal tingginya permintaan akan obyek wisata agro dan sekaligus membuka peluang bagi pengembangan produk-produk agribisnis baik dalam bentuk kawasan ataupun produk pertanian yang mempunyai daya tarik spesifik.

Hamparan areal pertamanan yang luas seperti pada areal perkebunan, hortikultura, tanaman pangan maupun peternakan disamping menyajikan pemandangan dan udara yang segar dan unik, seperti disiapkan sepeda gunung dengan melewati jalan-jalan stapak (kendaraan bermotor tidak boleh masuk), areal ini juga merupakan media pendidikan bagi masyarakat dalam dimensi yang sangat luas, mulai dari pendidikan tentang kegiatan usaha di bidang masing-masing sampai kepada pendidikan tentang keharmonisan dan kelestarian alam.

Obyek wisata agro tidak hanya terbatas kepada obyek dengan skala hamparan yang luas seperti yang dimiliki oleh areal perkebunan, tetapi juga skala kecil yang karena keunikannya dapat menjadi obyek wisata yang menarik.

Dengan datangnya masyarakat mendatangi obyek wisata juga terbuka peluang pasar tidak hanya bagi produk dan obyek wisata agro yang bersangkutan, namun pasar dan segala kebutuhan masyarakat secara umum.

Sumber: Kompasiana

Incoming search terms:

  • pertanian
  • ide kreatif wisata edukasi agro
  • gambar pertanian
  • wisata pertanian
  • contoh wisata pertanian
  • pengertian wisata pertanian
  • apa itu wisata pertanian
  • Arti wisata pertanian dan contohnya
  • macam macam tempat wisata di Indonesia wisata pertanian
  • maket wisata pertanian

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY