D’Kandang Farm : Bukan Sekedar Tempat Wisata

0
1510
wisata depok

image

Banguuuuun…..!!!hahaha……subuh-subuh sudah terbirit-birit mandi, pake baju dan bersiap-siap pergi ke wisata depok D’Kandang Farm di daerah Sawangan Depok. Kali ini sengaja saya membawa adik dan ponakan untuk bisa menikmati liburan akhir pekan. Ponakan yang terbengong-bengong karena dibangunkan secara mendadak diam saja ketika dimandikan dan didandani secepat kilat. Bukannya apa-apa, saya takut ketinggalan ….karena sudah janji sama ibu fadlun untuk on time jam 8 pagi di stasiun Depok. Sementara rumah saya di daerah perbatasan jakarta-bekasi harus prepare waktu agar tidak terlambat. Hemmm….jam 5.30 wib sudah cuss….menuju stasiun Klender Baru. Dari stasiun Klender Baru transit di manggarai untuk menyambung kereta menuju arah bogor. Tepat pukul 7.30 wib sampai juga di stasiun Depok.

Angin pagi ini benar-benar terasa segar…beda sekali dengan udara yang biasa aku hirup di jakarta pinggiran sana. Stasiun depok sudah menanti yunika dan bunda erna plus raihan anaknya. Kami menunggu fitri yang belum juga kunjung tiba. Leher sudah seperti angsa yang semakin panjang ketika setiap kereta tiba. Kami sudah tidak sabar ingin segera menikmati liburan bersama teman-teman dan keluarganya.

Akhirnya fitri muncul didepan tukang kue dan sedang memilih-milih makanan untuk sarapan paginya. Yuuuuk….kita jalan, Ibu fadlun gelisah menunggu kita semua. Dengan sedikit memaksa muatan dalam mobil, akhirnya berangkat juga menuju D’Kandang Farm. Udaranya masih sangat bersih, bahkan kabut pagi haripun masih terlihat jelas selama diperjalanan.

Taraaaaaam…….kami sampai di depan pintu gerbang D’Kandang Farm. D’Kandang Amazing Farm lebih banyak dikenal sebagai tempat wisata edukasi disini.

Ada mba Dwina dan keluarga, Andini dengan sepupu dan ponakannya, mba nunik dan anak-anaknya, mba Tanti, mak elissa semua membawa keluarganya untuk berlibur bersama. Senang sekali bisa berakrab ria dengan semua keluarga mereka. Biasanya kami hanya bertemu dengan para emak-emaknya, tapi kini bisa kenal juga dengan anak-anak dan para suami. Duuuh, ga sabar deh pengen segera masuk. Tapi teman-teman menahan untuk berpose ria. Biasalah, tradisi kami kalo kumpul dimanapun dan kapanpun berada.

Berjalan sepanjang 100meter untuk menuju aula yang berbentuk pendopo. Kami melihat kebun-kebun yang tumbuh subur sepanjang perjalanan. Ada yang baru ditanami dan ada juga yang sudah rimbun. Kemudian melewati jembatan yang terbuat dari kayu yang kokoh, yang dapat dilewati juga oleh kendaraan roda empat (mobil). Di sepanjang jembatan terdapat kebun vertikal yang tumbuh berbagai jenis tanaman yang indah. Sungguh sebuah kreasi yang unik dan mengagumkan.

Haloooo…..saya melihat ada banyak kandang di depan sana. Ponakan saya, adza berlari kian kemari. Terlihat wajahnya tersenyum bahagia. Bahkan kebingungan dengan apa yang akan di lihatnya. Ada 3 ekor keledai yang lucu dan di belakangnya ada kandang  yang berisi 3 ekor anak kambing dengan warna yang indah, badannya putih dan kepalanya hitam. 3 ekor anak kambing ini sangat lucu. Ketika saya mencoba untuk memotret, anak-anak kambing ini seolah mengerti untuk berpose.

Sebelum kami mulai untuk berekplorasi di D’kandang farm, kami diajak untuk berkumpul di aula dan mendapat  penjelasan mengenai D’Kandang farm. Banyak sekali informasi yang di berikan oleh kak Jun. Dan membuat saya semakin penasaran untuk melihat seluruh isi dan aktifitas D’kandang Farm.

Mulailah kami diajak melihat hewan sapi, berbagai jenis sapi ada di sini. Sapi lokal dan sapi luar negeri ada disini, ada yang berwarna putih, coklat dan belang-belang bahkan yang hitam. Kerbau albino juga tak ketinggalan menjadi koleksi D’kandang farm. Yang unik adalah ketika saya melihat bayi kerbau yang masih lemah dan sedang dijemur.  Ada juga sapi luar yang sangat besar. Beratnya mencapai 700kg bahkan ada yang mencapai 1 ton…wow….besar sekali.

Bukan itu saja, ada beberapa ekor kuda yang imut dan cantik. Kuda ini berumur  11 bulan, masih liar dan suka mengigit pagar. Dari besar tubuhnya terlihat sudah dewasa. Kak jun bilang bahwa kuda ini belum dapat ditunggangi. Seekor kuda baru dapat di tunggangi ketika umurnya sudah mencapai 1,5tahun. Punggung kuda sudah cukup kuat dan kokoh pada umur tersebut. Menarik sekali bukan..?

Para pengunjung D’Kandang farm dibolehkan untuk memberi makan sapi-sapi dan bahkan di bolehkan mencoba memerah susu. Dan itu saya lakukan dengan rasa kagum. Buat saya itu hal yang sangat menyenangkan. Baru kali ini saya memegang susu sapi, sebuah pengalaman yang menakjubkan….hihihi.

***
Hewan yang ada disini dirawat dengan sangat baik. Kebersihannya sangat terjaga dan makanannya pun sangat berkualitas. D’kandang bekerja sama dengan IPB dan memiliki dokter-dokter hewan yang berkualitas. Lokasi wisata D’kandang juga sangat bersih. Tersedia toilet-toilet yang bagus. Jika ingin makan, ada kantin dengan nuansa etnis. Bangkunya terbuat dari belahan kayu yang dipernis. Ada juga mushola dan ruang belajar. Disini kita dibuat senyaman mungkin.

D’Kandang Farm memiliki banyak permainan bagi anak-anak dan orang dewasa. Yaitu, menunggang kuda, naik delman, flying fox, naik perahu, motor ATV, menangkap ikan, memberi susu bayi sapi/kambing dan lain lain.

Selain arena permainan D’kandang juga memiliki lokasi perkebunan dan Camping ground. Total seluruh tanah yang dimiliki pengelola sebanyak 8hektar. Namun yang sudah dikembangkan baru seluas 5hektar. Dalam proses pengembangan objek wisata D’kandang farm ini, dalam waktu dekat akan di bangun kolam berenang, dan akses jalan menuju D’Kandang Farm.

Diharapkan akan lebih banyak pengunjung yang datang berwisata dan belajar mengenai hewan dan tumbuhan. Banyak hal yang dapat kita perlajari dan banyak hal juga yang kita dapat disini. D’kandang Farm bukan sekedar tempat wisata , melainkan tempat belajar dan mengenal alam lebih dekat dan nyata. Kalau anda belum datang berkunjung, anda belum bisa rasakan sensasinya. Makanya, buruan datangi D’kandang Farm…saya yakin tak akan menyesal.

image Saat menanti fitri di stasiun Depok

image Berjalan menuju areal D’Kandang Farm

image Belakang kami adalah kebun vertikal

image Keledai yang lucu

image Anak kambing yang lucu

image Sapi lokal yang siap untuk di potong dihari raya idul adha

image Kerbau albino

image Sapi luar yang beratnya hampir mencapai 1ton

image Ayo kasih makan sapi…..

image Kuda imut 11bulan

image Coba pencet-pencet, eh keluar susunya…hihihi

image Beberapa jenis tanaman yang juga dijual

image image image image image image

Sumber: http://liliputdreams.wordpress.com/2014/09/10/dkandang-farm-bukan-sekedar-tempat-wisata/

Incoming search terms:

  • dkandang Farm Jawa Barat

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY