BERWISATA KE D’KANDANG
Oleh Budi Tjenggunawan

Pada tanggal 25 Oktober 2014 yang lalu, aku dan teman0teman ASAK (Ayo Sekolah Ayo Kuliah) se-paroki Santo Yoseph Matraman berstudiwisata ke D’Kandang, Jalan Penarikan RT 007 RW 02, Keluarahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok, Jawa Barat. Disana terdapat berbagai macam tanaman dan semua hewan ternak mamalia, di sana belum ada unggas. Pukul 08.00, kami berangkat menuju D’Kandang dari gereja St. Yoseph Matraman, kami ke D’Kandang dengan menaiki sebuah bus pariwisata. Perjalanan sekitar 2 jam, akhirnya kami tiba disana. Di depannya sudah ada sawah, dan di dalamnya ada tanaman selada yang sudah siap untuk dipanen. Setelah pembagian kelompok, lalu kami memasuki pendopo D’Kandang, aku mendapat kelompok tiga, jadi kami kelompok tiga berkeliling D’Kandang dengan pemandu Kak Jun, orangnya asyik dan agak humoris. Papan-papan disana, baik tulisan tempat parkir, sampai toilet, semuanya dilukis dengan cat sehingga menambah keindahan D’Kandang. Jembatan depan, kami disambut oleh Vertical Garden, sistem menanam tanaman secara ke atas, agar tidak banyak menghabiskan ruang untuk tempat bercocok tanam sayuran. Lalu saat berkeliling pertama kami melihat kuda, dan ternyata di D’Kandang terdapat 1 ekor kuda Australia yang berharga 50 juta per ekor, wow..!!! dan melalui penjelasan Kak Jun lah kami menjadi tahu tentang kuda, seperti masa kehamilan kuda 11 bulan, makanan kuda, dan cara membedakan jenis kelamin kuda, serta mengetahui kehebatan kuda dalam mengangkut beban, sangat seru !! Bikin pingin jadi pasukan berkuda yaa….

Setelah itu kami melihat sapi. Ada sapi madura, sapi jawa, sapi kupang, sapi ambarawa, sapi limosin dan masih banyak jenis sapi lainnya yang agak susah namanya. Sayang kami tidak?foto sapi limosin yang ada disana. Karena besar sekali. Kita juga ingin melihat sapi limosin dipotong sebenarnya.

Setelah asyik berbicara mengenai kuda dan sapi, kami juga mengetahui, kalau ternyata sapi mengandung anaknya selama 9 bulan, sama seperti kita ! Lalu akhirnya tibalah saat yang aku paling tunggu-tunggu, memerah susu sapi untuk pertama kalinya !! Ternyata, tangan kita harus steril sebelum memerah susu sapi, dan cara memerahnya unik. Dan benar kata Kak Jun, saat memerah, tersaa kenyal seperti yupi !!! Hahahahahaha, tapi itu memang kenyataan. Dan setelah puas memerah susu sapi, kami bergegeas menuju kambing. Disana terdapat banyak anak kambing yang lucu, mirip anak anjing ! Setelah itu kami menemukan domba. Setelah berbicara mengenai domba, kami pergi ke tempat tanaman hias, kami diberi tahu cara merawat tanaman, dari biji sampai besar, lalu kami kembali ke pendopo untuk istirahat makan siang. Sehabis makan siang, kami acar bebas, aku melihat-lihat tanaman hias yang di jual, harganya berkisar antara 10.000 rupiah sampai 25.000 rupiah. Setelah puas, aku kembali ke kandang sapi, dan aku melihat sapi yang rambutnya keriting! Hahahahaha

Lalu aku kembali ke pendopo, bermain ayunan. Dan akhirnya tibalah saatnya menangkap ikan! Setelah semua telah meletakkan baju gantinya masing0masing di pinggir kolam, lalu byur! Kami terjun ke kolam tempat menangkap ikan tersebut, kolamnya sangat dangkal. Dengan susah payah kami memangkap ikan, susah tapi seru ! Setelah itu kami membilas badan dan ganti baju di kamar mandi, setelah itu kami ke pendopo. Di pendoopo, akhirnya setelah sepatah dua kata dari Kak Jun, kamimenuruni tangga, berfoto, lalu bergegas pulang. Dan ternyata, sore itu Depok padat merayap ! Begitu sampai di tol jalanan kembali lancar. Lalu akhirnya kami sampai juga di Gereja St. Yoseph Matraman. Kami pulang dengan tiga oleh-oleh, susu, tanaman bunga mutiara dan ikan. Namun banyak juga yang ikannya mati di jalan, karena jalan berkelok-kelok. Kami merasa kurang puas saat pulang karena disana sangat seru ! Namukeseruan itu hanya berlangsung selama lima jam. Ingin rasanya kapan-kapan aku kesana lagi, tapi sepertinya itu tidak mungkin. Bagiku D’Kandang adalah tempat wisata yang paling mengasyikkan dari yang lain, karena di dalam D’Kandang terdapat sangat banyak pengetahuan tentang alam, sungguh indah alam ciptaan Tuhan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY