pupuk kompos

pupuk kompos

Yang dimaksud kompos itu apa sih ??? Kenapa pupuk kompos lebih baik??

Pupuk kompos merupakan salah satu pupuk organik yang dibuat dengan cara menguraikan sisa-sisa tanaman dan hewan dengan bantuan organisme hidup. Untuk membuat pupuk kompos diperlukan bahan baku berupa material organik dan organisme pengurai. Organisme pengurainya bisa berupa mikroorganisme ataupun makroorganisme. Pupuk Kompos lebih baik karena tanpa bahan kimia sintetis, yang sangat berbahaya bagi tubuh tentunya. Karena, jika pupuk berbahan kimia sintetis akan mempengaruhi kandungan yang ada pada tumbuhan yangditanam nantinya. Jadi, pupuk kompos memang jauh lebih baik. Teknologi pengomposan sendiri, dikembangkan dari proses penguraian material organik yang terjadi di alam bebas. Terbentuknya humus di hutan merupakan salah satu contoh pengomposan secara alami. Prosesnya berjalan sangat lambat, bisa sampai berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Kemudian umat manusia memodifikasi proses penguraian material organik tersebut. Sehingga pengomposan yang dikelola manusia bisa dilakukan dalam tempo yang lebih singkat.

Kompos yang kita lihat saat ini adalah jenis dari Pupuk Kompos Aerob.

Pupuk kompos aerob dibuat melalui proses biokimia yang melibatkan oksigen. Bahan baku utama pembuatan pupuk kompos aerob adalah sisa tanaman, kotoran hewan atau campuran keduanya. Proses pembuatannya memakan waktu 40-50 hari, untuk lebih jelasnya silahkan baca cara membuat kompos. Lamanya waktu dekomposisi tergantung dari jenis dekomposer dan bahan baku pupuk.

Proses pembentukan kompos

Secara umum tahapan pengomposan dibagi menjadi tiga fase :

  • Fase pertama merupakan dekomposisi bahan organik yang mudah terurai, menghasilkan panas yang tinggi dan berlangsung singkat.
  • Kemudian diikuti fase kedua yaitu penguraian bahan organik yang sulit terurai. Kedua fase tersebut menghasilkan kompos segar.
  • Kemudian fase ketiga berupa pematangan kompos menjadi ikatan komplek lempung-humus yang hasilnya berupa kompos matang. Cirinya, tidak berbau, remah, warna kehitaman, mengandung hara dan memiliki kemampuan mengikat air.

Kegunaan Pupuk Kompos

  • Penggunaaan kompos dapat mengurangi gas methan
  • Mengurangi volume sampah di lingkungan sekitar
  • Dapat mencegah beberapa penyakit akar tanaman
  • Mengembalikan kualitas tanah di lahan pertanian, perkebunan, dan hutan
  • Mengurangi penggunaan pupuk kimia agar tidak terjadi penurunan kualitas tanah
  • Dapat digunakan di berbagai macam lahan

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY