Sapi merupakan hewan yang sering dijadikan masyarakat indonesia untuk berqurban pada saat idul adha. Ada berbagai jenis sapi yang ada di Indonesia seperti PO, Limousin, Simental, Brahman, Madura, Bali dan masih banyak lagi. Berbagai jenis sapi ini memiliki kelebihannya masing-masing untuk menjadi hewan qurban. Sapi Bali adalah salah satunya.

Sapi bali memiliki tingkat karkas yang tinggi dibandingkan dengan sapi lokal yang lain, yaitu sekitar 53,26%, Peranakan Ongole 46.9%. Perbandingan antara daging dan tulang yaitu sekitar 4,4 :1. Kendati mengalami perubahan ukuran dan bobot badan, secara kesuluruhan ciri-ciri sapi bali masih sama dengan banteng sebagai moyangnya. Saat lahir, anak sapi bali berwana sawo matang merah mengkilap dengan garis hitam di punggung yang terlihat jelas. Setelah dewasa, sapi betina tetap  berwarna sawo matang kemerahan, sedangkan sapi jantan berwarna hitam. Jika dikebiri, sapi jantan memiliki bulu berwarna sawo matang kemerahan seperti sapi betina. Kaki sapi bali pendek menyerupai kaki kerbau. Berat sapi bali jantan bisa mencapai 450 Kg, sedangkan berat sapi bali betina atara 300-400 kg. Untuk dagingnya sendiri warnanya merah pekat.

Keunggulan sapi bali,  memiliki daya tahan terhadap panas tinggi, pertumbuhan tetap baik walaupun  dengan pakan yang jelek dengan persentase karkas tinggi dan kualitas daging baik. Umumnya, sapi bali betina dapat beranak setiap tahun. Sayangnya pertumbuhan bobot sapi ini hanya 0.5 kg, dibandingkan dengan sapi lainnya seperti Sapi Simmental, sapi brahman, sapi limousin yang dapat mencapai bobot harian 1,2 kg/hari.

D’Kandang Amazing Farm adalah sebuah peternakan dikawasan Depok, Jawa Barat yang menyediakan hewan Qurban, salah satunya ialah sapi bali. Dengan menimbang kisaran bobot secara pas, hewan sehat, dan sesuai syariat islam. Harga relative dan bersaing. Mulai dari harga Rp.14.000.000-Rp.54.000.000. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi 021-77887138 atau Jl.Penarikan RT.007/002 Pasir Putih-Sawangan, Depok.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY