Entah kenapa setiap memasuki hari Sabtu aku sering bingung memikirkan hari Minggu mau ke mana. Sejak anak-anak harus masuk sekolah di hari Sabtu, pengin rasanya mengajak mereka berlibur ke suatu tempat yang berbeda, lebih ke arah menikmati alam. Tidak perlu yang jauh, asal tempatnya asyik dan nyaman.
Dan minggu kemarin, pucuk dicinta ulampun tiba, beberapa teman mengajak berkunjung ke Dkandang Farm di daerah Sawangan Depok.

Mendengar nama Dkandang hanya selintas cerita dari teman yang sudah pernah ke sana sebelumnya. Namun, membayangkan keceriaan anak-anak bermain di sana membuat saya tak sabar untuk mengetahui apa daya tarik yang menjadi unggulan tempat ini.

Dkandang1

Dkandang Farm, yang berlokasi di Depok ini menawarkan tempat wisata yang memberikan edukasi bagi anak-anak yang berkunjung dan belajar di dalamnya. Ini merupakan agrowisata yang bukan hanya memberikan suasana alam yang asri, namun juga memberikan kesenangan dan edukasi. Dengan luas sekitar 6ha paket wahana yang ditawarkannya beragam. Kalau mau paket lengkap, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menanam, menangkap ikan, memberi makan sapi, memerah susu, berkuda, dan juga bisa ber-outbond ria (flying fox, naik atv). Di setiap wahana, pengunjung akan mendapat penjelasan makna dari wahana yang didapat. Walaupun banyak wisata di puncak, tetapi wisata ke D’Kandang lebih seru, berbeda dan dekat.

Untuk menuju lokasi, kami dari Bogor melalui Jl.Raya Parung. Patokannya adalah menemukan Perumahan Sawangan Permai, karena kalau sudah menemukan komplek ini, mudah mencari lokasi Dkandang. Begitu masuk komplek dan menemukan Tugu Belimbing, tinggal lurus mengikuti jalan sampai menemukan plang Dkandang di sisi kiri jalan.

Udara pagi yang sejuk dan pemandangan alam yang masih asri, menyambut aku dan anak-anak saat menjejakkan kaki di lokasi. Kami pengunjung pertama di hari itu. Setelah sekitar 15 menit menunggu teman-teman di area parkir, kami berombongan menuju pendopo yang telah disiapkan pihak Dkandang.

Mau tau kegiatan apa saja yang kami lakukan?

Dkandang2

Kegiatan pertama adalah mengenal jenis tanaman hias. Pak Junaedi, divisi Ekowisata Dkandang Farm, memandu kami. Ada beraneka tanaman di sini. Tanaman itu juga dijual bila ada pengunjung yang berminat membeli. Selain tanaman hias, tersedia juga tanaman sayur. Untuk tanaman sayur dan tanaman hias, Dkandang berkerjasama dengan IPB sebagai teman konsultasi dan pengadaan bibit dan benih tanaman.

Dkandang3

Selanjutnya kami diajak mengunjungi kandang kuda dan sapi. Di sini kami mengenal berbagai jenis sapi dan kuda. Sapi ternyata banyak jenisnya. Ada Sapi Albino, Sapi Perah (yang warnanya hitam putih itu loh), dan yang paling menakjubkan ukuran beratnya adalah Sapi Limosine (beratnya lebih dari 900 kg). Gibe yang awalnya takut, mulai berani mendekati hewan-hewan itu, bahkan ia berulangkali memegang.
Anak-anak senang mendapat kesempatan bisa memberi makan sapi dan memerah susu. Gibe dan Sava memilih memberi makan sapi saja. Memerah susu, Sava dan Gibe belum berani. Cukup melihat teman-temannya saja. Setelah itu, kami ditawarkan juga untuk berkuda. Lagi-lagi, Gibe lebih memilih untuk naik delman mengelilingi area Dkandang. Sedangkan Saya dari area sapi dan kuda beralih asyik memberi makan kambing.

Dkandang4

Selesai di area sapi, kuda, dan kambing, kami diajak turun ke area outbond. Ada flying fox, mendayung, ATV dan sepeda tracking. Aku dan Gibe sempat mencoba ATV tracking, bahkan Gibe ketagihan mencoba sampai dua kali. Anak-anak yang lebih besar bisa mencoba flying fox dan mendayung. Jangan khawatir tenggelam, mereka akan dilengkapi dengan pelampung kok. Manfaat kegiatan outbound untuk meningkatkan keberanian anak dalam bertindak.

 

gibe

Haripun beranjak siang. Kami beristirahat salat dan makan siang. Di Dkandang ada kantin yang menyediakan makan, juga mushola yang cukup bersih.
Tapi namanya anak-anak, baru beristirahat sebentar saja sudah minta berkeliling lagi. Merekapun diajak menangkap ikan. Serunya bukan main, karena menangkap ikan berarti menceburkan diri ke kolam dan basah-basahan. Gibe sudah pasti paling duluan kalau acara cebur-ceburan begini. Saya yang awalnya menolak turun dan hanya mau melihat dari pinggir, akhirnya ikut turun ke kolam. Bahkan ia berhasil menangkap 4 ekor ikan. Ikan hasil tangkapan boleh dibawa pulang loh.

?Dkandang6

Menangkap ikan menjadi aktivitas terakhir kami hari itu di Dkandang. Anak-anak sudah cukup lelah. Setelah anak-anak mandi dan membersihkan badan, kami pun berkemas. Ketika pulang, tak lupa kami mengintip produk-produk yang diproduksi Dkandang Sawangan Farm. Mereka punya produk unggulan, dengan merek Safary Milk, lho!

Pstt, bocoran dari Pak Junaedi, sekitar bulan Maret 2015 akan launching swimming pool, dan area berkemah. Kalau Mommies mau ke sana, jangan lupa bawa topi atau payung ya!

Dkandang
Jl. Alif RT 02 Rw 03 Pasir Putih Sawangan Depok Bogor.
Website: http://www.dkandang.com

#Ulasan di atas dibuat sebelum harga berubah

Sumber:http://mommiesdaily.com/2014/09/11/sehari-di-dkandang-farm/3/

Incoming search terms:

  • cerita DKandang dawangan depok

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY