“Susu!” Jika mendengar si sumber kalsium yang satu itu, kita pasti setuju akan rasa nikmatnya dan segudang manfaatnya. Kebanyakan dari kita lebih familiar dengan susu UHT, Susu kental manis, dan Susu bubuk. Bagi kita pasti beranggapan bahwa semua jenis-jenis susu tersebut sama saja kebaikan susu yang terkandung didalamnya. Padahal, setiap jenis susu tersebut berbeda loh temans kandungan susunya. Sebelumnya mari kita ketahui terlebih dahulu mengenai berbagai jenis susu dan perbedaannya.

 

  • Susu UHT (Ultra High Temperature)

Susu yang disterilisasi ndengan suhu tinggi (135-145 derajat celcius)dalam waktu yang singkat selama 2-5 detik . Pemanasan dengan suhu tunggu tinggi ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme (baik bakteri pembusuk maupun patogen) dan spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma, dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segar. Kesegaran susu akan terasa nikmat jika segera diminum, terlebih jika dismpan dalam lemari pendingin. Susu UHT ini juga di kemas dengan kemasan multi lapis yang kedap udara sehingga bakteri pun tidak bisa masuk kedalamnya. Kemasan multi lapis ini juga kedap cahaya ultra violet tak akan mampu menembusnya. Dan prosen kemasannya pun dilakukan secara otomatis tanpa adanya campur tangan manusia. Sehingga susu UHT ini tetap segar dan aman untuk dikonsumsi dan memenuhi standar kesehatan internasional.

 

Kelbihan susu UHT:

  • Daya simpan yang lama-pada suhu kamar 6-10 bulan
  • Susu yang sangat higienis karena bebas dari seluruhmikroba (patogen? Penyebab penyakit dan pembusuk ) Serta spora
  • Kontak panas yang singkat pada proses peng-UHT-an , menyebabkan warna, aroma dan rasa susu relatif tidak berubah

 

Susu UHT yang telah dibuka harus disimpan di refrigerator (kulkas) dan hindarkan dari penyimpanan pada suhu tinggi (>50 der celcius).

 

  • Susu Pasteurisasi

Susu yang diberi perlakuan panas 63-72 derajat celcius selama 15 detik, yang bertujuan untuk membunuh bakteri patogen. Karena, proses pemanasannya yang relatif cukup rendah dan waktunya yang relatif lebih lama, maka tidak semua mikroorganisme pembusuk mati oleh proses ini. Maka untuk memperpanjang umur simpan produk yang telah dipasteurisasi biasanya disimpan di refrigrator (suhu rendah). Daya tahan penyimpanan relatif lebih cepat 1 minggu di refrigrator atau 1-2 hari di suhu kamar.

 

  • Susu Skim

Susu bubuk tanpa lemak yang dibuat dengan cara pengeringan atau spray dryer untuk menghilangkan sebagian air dan lemak tetapi masih mengandung laktosa , protein, mineral, vitamin yang larut lemak dan vitamin yang larut air (B12).

 

  • Susu Formula

Susu yang diproses dari susu sapi segar baik dengan atau tanpa tambahan zat lain seperti lemak atau protein yang kemudian dikeringkan.

 

Selain itu, susu juga bisa diolah menjadi berbagai macam produk turunan. Seperti yogurt, keju atau kefir. Dan juga bisa dipakai untuk produk kecantikan seperti masker kefir. Cek di pusat penjual masker kefir yaa..

Incoming search terms:

  • harga susu kandang moo

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY