wisata pertanian

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki kesuburan tanah yang bagus, juga dikenal sebagai negara agraris, negara yang sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaharian sebagai petani. Mata pencaharian utama masyarakat Indonesia pada umumnya adalah petani. Berbagai hasil pertanian diunggulkan sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

wisata pertanian

Tapi kenyataannya, kini di zaman modernisasi bertani mulai ditinggalkan. Terlebih lahan untuk bertani semakin sempit akibat pembangunan disana-sini. Kegiatan bertani pun secara otomatis menjadi pemandangan langka untuk dilakukan bahkan hanya untuk disaksikan anak-anak zaman sekarang. Terlebih yang tinggal di perkotaan.

Banyak sekali tempat wisata di Indonesia, tetapi yang concern dengan yang menghadirkan kesenangan sekaligus edukasi masih belum terlalu banyak. Maka, kehadiran agrowisata yang menawarkan wisata edukasi yang berbasis pengetahuan bertanam menjadi solusi  bagi anak-anak, agar pengetahuan mereka terhadap bertani tetap didapatkan meski sudah tidak menjumpainya dikehidupan sehari-hari. Saat ini banyak sekali agrowisata yang hadir menawarkan kegiatan-kegiatan menarik, yang memungkinkan anak bersentuhan langsung dengan kegiatan bertani/ bertanam. Akan tetapi tidak banyak, agrowisata yang secara khusus dapat menjelaskan mengenai pengetahuan yang terkandung didalam kegiatan agrowisata itu sendiri. Sehingga sisi edukasi tidak maksimal terserap oleh anak, dan hanya terpenuhi sisi rekreasi nya saja. Juga lokasi agrowisata yang rata-rata jauh dari perkotaan menjadi masalah lain juga.

wisata edukasiKini, D’Kandang hadir sebagai solusi untuk itu semua. D’Kandang yang sudah dikenal sebagai salah satu tempat wisata edukasi di Jabodetabek, letaknya yang sangat strategis yaitu di daerah Sawangan, Depok, sehingga sangat mudah diakses bagi orang-orang yang tinggal di JABODETABEK.  Dengan concern dan awareness yang tinggi terhadap pengetahuan anak, salah satunya adalah bidang pertanian. Dengan berdasarkan itulah, maka D’Kandang menyiapkan pemandu yang memiliki kemampuan mumpuni agar pengetahuan dapat tersampaikan secara maksimal pada anak selama kegiatan berlangsung.

 

Ada apa saja sih yang dapat dijadikan wisata pertanian di D’Kandang?

-D’Kandang memiliki area seluas 8 hektar yang sebagiannya di fungsi kan sebagai area pertanian/perkebunan.

-D’Kandang memiliki banyak jenis tanaman yang menambah wawasan anak.

-Dengan konsep eduwisata yang terintegrasi dengan workshop, D’Kandang akan menginformasikan teknik bertanam yang dikembangkan oleh D’Kandang Amazing Farm pada anak.

-Anak dapat membawa pulang hasi bertanam mereka selama bertani di D’Kandang (polybag).

 

panen-sayur-organik2
belajar panen sayur organik

 

bertanam
beljar bertanam

 

mengenal-natural-pond
mengenal-natural-pond

 

wisata pertanian di indonesia
mengenal vertikultur sayuran

 

wisata edukasi
mengenal vertical garden

 

wisata edukasi
mengenal moist room / ruang pengkabutan

 

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY