Berternak kini tidak hanya menjadi kegiatan seputar berternak, dan menjual hasil ternak saja. Kini para pembisnis peternakan melihat peluang lain dari kegiatan bertenak yang sangat potensial dibanding jika hanya dari sekedar menjual hewan ternaknya saja. Tidak hanya dari sisi profit, pembisnis peternakan juga melihat manfaat edukasi yang diperlukan banyak segmen pasar  jika mengembangkan  bisnis ini.

Apa itu? Jawabannya adalah wisata. Ya! Wisata peternakan, kini adalah sebuah media baru bagi siapapun untuk mendapatkan pengetahuan tentang kegiatan yang tidak jamak lagi untuk dijumpai ini (bertenak). Dan akhir-akhir ini wisata peternakan di Indonesia, menjadi suatu trend tersendiri yang sedang berkembang. Penyebab dari berkembangnya trend ini bisa jadi dikarenakan 2 hal.

Pertama, karena memang profit yang didapatkan dari wisata peternakan lebih menguntungkan dari penjualan hasil ternak itu sendiri.

Atau yang kedua, karena kebutuhan akan media untuk mengimplementasikan teori mengenai beternak hanya bisa didapatkan di tempat eduwisata peternakan saja, karena kegiatan beternak yang pada era modernisasi seperti ini sudah tidak jamak lagi dilakukan sehingga sulit untuk dijumpai.

wisata edukasi

Wisata Peternakan di Indonesia

Di Indonesia, banyak sekali tempat wisata yang menyajikan keindahan tempatnya untuk dikunjungi. Akan tetapi, tidak banyak tempat wisata yang mengutamakan sisi edukasi di dalam paket wisatanya.

Dan belum banyak tempat wisata edukasi di Indonesia yang benar-benar concern terhadap edukasi yang disampaikan ke pengunjungnya.

wisata depokAdalah D’Kandang Amazing Farm, yang merupakan tempat wisata edukasi yang sudah dikenal sangat concern terhadap nilai-nilai edukasi yang akan diterima pengunjung. Terutama untuk anak-anak. Karena, D’Kandang mengharapkan apa yang disuguhkan dalam wisata edukasi secara prakteknya, dapat benar-benar melengkapi atau menunjang teori yang disampaikan disekolah.

Apa sih kelebihan D’Kandang Amazing Farm dalam wisata edukasi peternakan? Kan banyak peternakan sekarang yang menjadi wisata bukan?

D’Kandang berbeda, karena para pemandu telah disiapkan dengan berbagai ilmu mumpuni mengenai peternakan. Yang akan menyampaikan secara komunikatif kepada pengunjung, dan diharapkan secara maksimal dapat dipahami oleh pengunjung yang datang.

Lalu?

D’Kandang memiliki beberapa koleksi hewan….

wisata edukasi

 

 

wisata peternakan

 

 

 

wisata edukasi

 

wisata edukasi

 

wisata edukasi

 

 

wisata peternakan

 

wisata edukasi

 

Dengan konsep “From Farm to The table” menjadi keunikan tersendiri bagi sebuah tempat wisata edukasi yang dekat dari Jakarta ini.

Hewan yang ditampilkan di D’Kandang berupa hewan-hewan ternak yang tentunya HALAL sebagai hewan konsumsi. Hewan – hewan yang berada disini antara lain: aneka jenis sapi perah, aneka jenis sapi potong, domba, kuda, kambing etawah, kerbau bule ,dll.

Konsep wisata edukasi yang disajikan adalah pertama bagaimana kita bisa lebih banyak mengenal hewan-hewan peternakan yang bagus dan hasilnya layak untuk dikonsumsi, seperti dagingnya atau susunya.

Kedua, D’Kandang yang juga sangat dikenal sebagai wisata edukasi di Jabodetabek ini pun, memberikan edukasi bagaimana proses selanjutnya dari sebuah potensi hasil ternak-ternak yang ada. Misalnya bagaimana mengolah hasil susu sapi atau susu kambing sehingga memberikan nilai tambah yang jauh lebih lebih besar dari hasil dasar hewan itu sendiri. Seperti pengolahan menjadi susu pasteurisasi, yogurt, keju, nugget, atau yang lainnya, atau misalnya bagaimana mengolah daging menjadi bakso yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Penasaran……?

Ayo kunjungi wisata Depok D’KANDANG AMAZING FARM

 

 

Incoming search terms:

  • wisata peternakan
  • tempat peternakan di indonesia

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY